15 makanan khas JAWA

Ini tugas DKK dari guru saya untuk mencari 15 makanan khas jawa.Satu baris bangku berbeda beda ada yg sumatra sampai papua (gak penting).Nah kali ini saya mendapatkan makanan khas jawa nah ini dia makanan nya :

  1. Batagor : makanan dari daerah sunda yang sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia.Makanan ini dibuat dari tahu yang berisi bakso & dibungkus dengan tepung lalu di goreng , disajikan dengan sambal kacang
  2. Rawon:menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek.rawon,meskipum dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur(seperti surabaya),dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur(daerah Surakarta)
  3. Dodol:sejenis makanan yang dikategorikan dalam jenis makanan manis .Untuk membuat dodol yang bermutu tinggi cukup sulit karena proses pembuatannya yang lama & membutuhkan keahlian.
  4. Empal gentong : makanan khas masyarakan Cirebon,Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat).Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.
  5. Asinan Bogor : Asinan buah-buahan dari kota Bogor,Jabar. Berbagai jenis bua-buahan tropis yang diasinkan atau diacar seperti mangga muda, jambu air,pepaya, kedondong, bengkoang, pala dan nanas disajikan dalam kuah cuka yang asam, manis dan pedas, ditaburi dengan kacang goreng.
  6. Jenang kudus: makanan sejenis dodol Garut yang berasal dari Kudus,Jawa Tengah. Jenang Kudus oleh- oleh khas dari Kudus. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus aluminium foil, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus. Di Kudus, ada ratusan industri rumahan pembuat Jenang Kudus
  7. soto sokaraja atau oleh masyarakat Bnyumas disebut Sroto sokaraja adalah sejenis makanan dari Indonesia.Soto ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia.
  8. misro adalah makanan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng, karena itulah dinamai Misro yang merupakan kependekan dari amis di jero (bahasa Sunda, artinya: manis di dalam). Bentuknya bulat dan makanan ini enak disantap saat hangat.
  9.  ulukulek leunca adalah hidangan khas Sunda.Campuran antara omcom & buah leunca yang dimasak dengan bahan-bahan lain sesuai selera.
  10. Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung,telur,tahu dan sambal goreng krecek.
  11. Ladu adalah suatu penganan terbuat dari ketan yang berasal dari daerah Malangbong,Garut,Jawa Barat. Bahan dasarnya adalah tepung ketan putih sangrai, gula putuh, gula eren merah, dan kelapa yang sudah diparut. Kudapan ini rata-rata bisa bertahan antara empat sampai tujuh hari setelah diproduksi.
  12. combro adalah makanan khas Bandung yang terbuet dari singkong dan oncom.
  13. Lontong Balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.
  14. Tahu campur adalah salah satu makanan khas Jawa Timur. Tahu campur terdiri dari sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, slada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan samba;. Masakan ini banyak dijual di warung kaki lima dengan label "Tahu Campur Lamongan".
  15. Nasi Krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, Semur daging, jeroan sapi, sambal trasi dan serundeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar